Setelah bertahun-tahun studi yang saling bertentangan pada manfaat gingko biloba dapat mencegah kehilangan memori, uji klinis yang pasti akhirnya menyimpulkan bahwa ekstrak tidak mencegah kemunduran otak.
Pelaporan November 18 dalam Journal of American Medical Association, Dr Steven DeKosky, dekan sekolah kedokteran di University of Virginia, menemukan bahwa 120 mg mengambil gingko biloba dua kali sehari tidak mencegah perkembangan demensia dalam kelompok 1.545 senior dari 75 tahun dan lebih tua; tidak ada perbedaan dalam tingkat demensia di antara kelompok intervensi dan kelompok serupa 1.524 peserta yang mengambil plasebo identik. Ini adalah yang terbesar dan terpanjang penyelidikan efek gingko biloba, dan studi pertama untuk menyelidiki apakah suplemen dapat mencegah penyakit Alzheimer pada sukarelawan yang sehat. (Lihat TIME’s A-Z Panduan Kesehatan.)
“Studi ini menempatkan suatu periode pada debat,” kata Dr Bill Thies, Vice President medis dan hubungan ilmiah untuk Alzheimer’s Association. “Hasil ini memungkinkan Asosiasi untuk mengatakan dengan keyakinan bahwa gingko tidak bekerja meskipun para penjualnya beusaha berkata begitu.”
Hal ini dimengerti bahwa begitu banyak orang akan mencoba hampir segala sesuatu, termasuk suplemen gingko muncul – di mana Amerika menghabiskan lebih dari $ 100 juta per tahun – dengan harapan dari memegang dari lambat dan menyakitkan penurunan mental yang menjadi ciri demensia. Manfaat yang diklaim gingko sebagian besar telah didasarkan pada efek suplemen antioksidan yang telah terbukti di laboratorium penelitian – tapi tidak pada pasien – untuk menggerogoti diri pada plak lemak yang menyusup ke Alzheimer otak dan menghancurkan sel-sel saraf. Studi pada pasien hanya melibatkan kelompok-kelompok kecil, membuat hasil tersebut menarik tapi hampir tidak definitif.
DeKosky, yang berada di University of Pittsburgh antara tahun 2000 dan 2008, ketika sidang ini dilaksanakan, memutuskan untuk mengatasi ketidakpastian dengan merancang acak, terkontrol, buta ganda sidang – yang paling ketat gingko biloba studi-to-date. Hasil akhirnya adalah keyakinan ilmiah bahwa temuan yang kedua yang dapat diandalkan dan diulang: Pada akhir enam tahun tentang tindak lanjut, 523 dari lebih dari 3.000 subjek sehat telah mengembangkan demensia – 277 dari pasien yang telah gingko, dan 246 telah menerima plasebo. Kasus ini, 92% adalah mungkin di tahap pertama Alzheimer, peneliti. “Hasil ini menunjukkan bahwa masuknya gingko ke dalam tubuh tidak dapat memperlambat masuknya penyakit,” kata DeKosky.
Meskipun studi temuan-temuan negatif, sidang penting untuk Alzheimer penelitian untuk alasan yang sama sekali berbeda – para peneliti telah meragukan bahwa besar, placebo-controlled trial dapat dilakukan pada sedemikian besar dan penduduk tua untuk suatu jangka waktu yang panjang. Bahkan, DeKosky telah merekrut dua kali lipat jumlah orang yang berpartisipasi dalam studi ini – para sukarelawan, plus mitra belajar untuk setiap sukarelawan yang menjamin bahwa peserta akan tersedia untuk menindaklanjuti pengujian. ” Belum banyak pencobaan dalam pencegahan Alzheimer,” kata Thies. “Studi ini mengatakan bahwa Anda dapat menjalankan sebuah penelitian pada populasi ini dan membawanya keluar sampai ke ujungnya. Itu penting karena kita melihat ke masa depan untuk menguji obat yang bisa mengubah perjalanan penyakit.” Dan mudah-mudahan suatu hari nanti, bahkan mungkin mencegah berkembang sama sekali.
(Sumber,By ALICE PARK, time.com)







